Pilkada Torut Digelar November

Monday, April 26, 2010
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel resmi melantik lima anggota KPU Toraja Utara (Torut) kemarin.Anggota KPU di daerah pecahan Kabupaten Tana Toraja (Tator) ini hanya bertugas selama tiga tahun.
Kelima anggota KPU Torut masingmasing Latu, Aloysius Lande, Riorytha Pakan, Herman Tangdililing, dan Johanis Banga Rombe. Masa kerja kelima anggota yang hanya tiga tahun itu, sesuai Peraturan KPU No 13 tahun 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi dan Penetapan Anggota KPU Provinsi dan KPU kab/kota pada Bab VIII Pasal 22. “Dalam pasal itu dinyatakan bahwa berakhirnya keanggotaan KPU provinsi/kab/kota di daerah pemekaran atau daerah otonom baru adalah bersama-sama dengan waktu berakhirnya keanggotaan KPU provinsi/kabupaten/kota di daerah induknya. Jadi, masa jabatannya hanya tiga tahun,” jelas Ketua KPU Sulsel Jayadi Nas kemarin. Sesuai jadwal, kelima anggota KPU Torut itu mengikuti pembekalan selama satu hari yang diselenggarakan KPU Sulsel.

Pembekalan meliputi penyiapan pelaksanaan Pilkada di kabupaten tersebut. Seusai pembekalan dilanjutkan dengan penyusunan tahapan pelaksanaan pesta demokrasi di Toraja Utara. “Bulandepantahapannya sudah mulai berjalan.Jadi,enam bulan ke depan sudah diselenggarakan pencoblosan di Toraja Utara atau maksimal pada bulan November. Kami optimis, Pilkada di 11 kabupaten di Sulsel bisa tuntas pada tahun ini juga,”tandas Jayadi Nas. Sementara itu,Sekretaris KPU Torut Henok Tamba menambahkan, dengan pelantikan tersebut kabupaten terbaru di Sulsel ini telah siap menggelar pesta demokrasi pada November mendatang, baik dari sisi kelembagaan maupun anggaran. Jumlah anggaran yang telah dialokasikan sebesar Rp6,6 miliar.

“Anggarannya sudah disahkan oleh DPRD Toraja beberapa waktu lalu.Jadi,sekarang tinggal melakukan persiapan teknis penyelenggaraan,” ungkap Henok Tamba. Dia menambahkan, jumlah anggaran tersebut belum termasuk dana antisipasi jika terjadi putaran kedua Pilkada yang dilaksanakan November mendatang. Untuk itu,pihaknya akan kembali mengusulkan anggaran ke Pemkab setempat. Sekadar diketahui,Kabupaten Toraja Utara memiliki 21 kecamatan. Pada pemilu presiden (Pilpres) tahun lalu, jumlah tempat pemungutan suara (TPS) yang disiapkan sebanyak 371 TPS.

Johanis Terpilih Jadi Ketua
Seusai pelantikan anggota KPU Torut, kelima anggota tersebut langsung melakukan pemilihan ketua. Hasilnya, Johanis Banga Rombe terpilih sebagai Ketua KPU Torut. Proses pemilihan ini hanya berjalan sekitar 15 menit. Johanis merupakan mantan anggota DPRD Kabupaten Toraja. Purnawirawan TNI Angkatan Laut (AL) ini sebelumnya juga pernah menjadi legislator di Kabupaten Barru. Johanis menegaskan, langkah awal yang dilakukan, yakni membentuk divisi dalam membuat program kerja.

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © 2010 TORAJA UTARA • Design by Dzignine
Tower Defense GamesGame Video Recorder