Survei Calon Bupati Toraja Utara : Dalipang Teratas

Monday, April 26, 2010
Setelah sukses melakukan survei calon bupati di Tana Toraja (Tator), LSM Lembang Madani kembali melakukan survei pra Pemilukada Toraja Utara (Torut).
Hasil survei yang dirilis Lembang Madani tersebut menyebutkan, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Torut, YS Dalipang diurutan teratas dengan tingkat popularitas dan elektabilitas tertinggi yaitu popularitas mencapai 70% dan elektabilitas sebesar 49,5 % per Februari-Maret 2010.

Diposisi kedua, disusul FB Sorreng dengan tingkat popularitas dan elektabilitas sebesar 8,25% dan 10,5%, Kala’tiku Paembonan 6,75 % dan 10%, Agustinus La’lang 3,35 dan 8,5, Daniel Renden 2,55 dan 8,4 %. Selanjutnya, Wakil Bupati Tator yang akan ikut bertarung di Torut, AP Popang mencapai 2 % dan 12,6 % serta Y Rante sebesar 1,5 % dan 4,5 %.
Lewat rilis yang ditandatangani Kordinator Tim Pakar, DR Napsan Dominique, MSi, yang diterima Upeks, disebutkan, survei dilakukan dengan metode penyebaran kuisioner dan wawancara telepon kepada 1.500 responden tersebar di 15 kecamatan dari 21 kecamatan Torut. Pada tingkat usia minimal 17 tahun, dipilih secara acak dan menggunakan metode pencuplikan secara sistematis (systematic random sampling) dari buku telepon terbaru. Pada metode ini, sampling errornya diperkirakan sekira 4,9% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif Lembang Madani, Sahran Tambing menyatakan, kabupaten termuda di Sulsel ini juga berencana menggelar Pemilukada 2010 ini. Olehnya, Lembang Madani sebagai organisasi sosial kemasyarakatan merasa memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat yang punya hak pilih.
"Agar dalam menggunakan hak pilih bisa berhasil guna demi membangun tataan sosial dan pemerintahan yang bersih, beriwibawa dan berpihak kepada masyarakat," katanya.

Menurutnya, untuk menjaga wibawa dan eksistensi organisasi, Lembang Madani dalam melakukan survei bakal calon bupati Toraja utara periode 2010–2015 menggandeng beberapa pakar dan mahasiswa program Pasca Sarjana dari Universitas Negeri yang ada di Sulawesi Selatan.
"Ini untuk mempertanggungjawabkan secara ilmiah hasil survei. Dengan demikian akuntabilitasnya dapat dipertanggungjawabkan dengan benar sesuai aturan dan mekanisme baku yang ada," ujarnya lagi.

Ia menegaskan, survei dilakukan pada beberapa kandidat bakal calon yang mencuat namanya di masyarakat. Mereka dipilih karena dianggap representasi kandidat yang sudah banyak dipercakapkan masyarakat dalam berbagai kesempatan.
Pada survei ini, tidak ada responden yang tidak punya pilihan, karena dalam proses pengisian angket dan wawancara mereka diberi sosialisasi untuk bisa memberikan pilihan pada bakal calon dengan bebas dan rahasia.

"Hasilnya, Dalipang teratas. Tingginya elektabilitas mantan Sekda Tator ketika belum terjadi pemekaran ini berarti bila pemilihan dilaksanakan hari ini atau besok, hampir dipastikan ia akan memimpin Torut 5 tahun ke depan," jelasnya.
Menurut Sahran, dibanding calon lain popularitas Dalipang banyak dipengaruhi oleh posisinya saat ini sebagai incumbent (Penjabat Bupati sekarang). Figur yang berdomisili atau berasal dari luar Torut sepertinya masih harus bekerja keras untuk meningkatkan popularitas ataupun elektabilitasnya.
Sedang, AP Popang yang akan diusung Partai Demokrat, tingkat elektabilitasnya sedikit lebih baik dari para kandidat dari luar Toraja. Meski, popularitasnya hanya 2 %, tetapi tingkat elektabilitasnya cukup baik, berarti Popang dapat dinyatakan sebagai calon alternatif yang digemari pemilih untuk didukung.

Sahran menambahkan, hasil survei ini belum final dan masih bisa berubah. Mengingat tahapan Pemilukada baru akan diputuskan oleh KPU Torut yang sementara diseleksi. Apalagi, para balon masih akan berebut kendaraan politik yang akan digunakan. Tentunya, kemenangan banyak ditentukan dari strategi awal merebut kendaraan politik dan lanjutan sosialisasi yang masing-masing kandidat gunakan.
*sumber : http://scriptintermedia.com/

1 comments:

Post a Comment

Popular Posts

 

Copyright © 2010 TORAJA UTARA • Design by Dzignine
Tower Defense GamesGame Video Recorder